DPMPTSP Madiun Buka Workshop LKPM Online

0
16
Keterangan Foto : Kepala DPMPTSP Arik Krisdiyananto saat memberikan sambutan dalam workshop LKPM online di Gedung PKK

MADIUNBeritamadiun.Com – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Madiun memberikan pelatihan tentang cara mengakses serta menginput laporan kegiatan penanaman modal (LKPM) secara online, Kamis (11/7/2019). Pelatihan ini digelar karen masih banyak Pengusaha di wilayah kabupaten Madiun kesulitan dalam melaporkan kegiatan penanaman modal secara online.

“Jadi workshop laporan kegiatan penanaman modal secara online ini, upaya kita terkait dengan pelaporan. Karena kemarin pada tahun 2018 banyak investor yang melakukan kegiatan usahanya tidak membuat laporan realisasi investasi. Sehingga di tahun anggaran 2019 ini kita ada empat kali kegiatan workshop ini sudah yang kedua, workshop ini upaya kita agar teman teman investor yang usaha di kabupaten Madiun melaporkan realisasi kegiatan usahanya setiap triwulan,” ujar Kepala DPMPTSP Arik Krisdiyananto.

Kendala utama yang sering dihadapi oleh pengusaha adalah kesulitan dalam mengakses LKPM online, untuk itu lanjut Arik DPTMPTSP berupaya membantu dengan mendampingi sehingga tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini harus ada pelaporan.

“Kendalanya itu pengusaha kesulitan mengakses LKPM online, nanti bedalah dengan tahun tahun kemarin tahun ini ada input laporan,”jelasnya.

workshop LKPM kabupaten Madiun

Saat ditanya target dari hasil workshop yang diadakan DPMPTSP, arik optimis bahwa setiap investor yang berinvestasi bisa rutin melaporkan kegiatannya setiap tiga bulan sekali.

“target dari hasil workshop ini, ya setiap investor yang berinvestasi bisa rutin melaporkan kegiatannya setiap tiga bulan sekali dan kalau ada kesulitan dpmptsp siap mendampingi, memfasilitasi apa kesulitannya sehingga laporannya bisa terpenuhi,”pungkas Arik Krisdiyananto.

Sementara itu Tridaman (41) peserta workshop LKPM online saat diwawancarai merasa terbantu dengan upaya pelatihan yang diadakan oleh dinas penanaman modal pelayanan satu pintu kabupaten Madiun. Menurutnya kesulitan utama adalah dalam mengakses LKPM  online serta input data, namun dengan workshop ini Tridaman merasa terbantu.

“ya kendalanya itu sulit mengakses LKPM online, juga cara menginput data atau laporan. Tapi ini tadi kita sudah diberitahu caranya,” ungkap Tridaman.

Sekedar diketahui LKPM merupakan aspek penting yang harus dilakukan oleh para investor dan menjadi salah satu penunjang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, target dari DPMPTSP kabupaten Madiun sendiri ditahun 2019 akan ada sekitar 75 hingga 80 perusahaan yang akan dijadikan populasi untuk wajib lapor LKPM online.han