Panen Porang di Klangon, Bupati Madiun Berharap Harga Porang Stabil

0
175

ANGKAT PORANG–Bupati Madiun, Ahmad Dawami mengangkat umbi porang hasil panen petani Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun

MADIUN, beritamadiun.com–Bupati Madiun, Ahmad Dawami yang biasa akrab disapa Kaji Mbing mengharapkan harga porang stabil menyusul masuknya musim panen porang di Kabupaten Madiun.


“Kalau harga porang terus stabil maka kesejahteraan petani akan terus meningkat. Untuk itu saya harapkan harga porang terus naik seiring dengan kebutuhan komoditi ini di dunia,” kata Kaji Mbing saat membuka panen porang di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Sabtu (29/6/2019).


Saat meninjau panen porang, Bupati Kaji Mbing tidak menggunakan mobil dinas. Orang nomer satu di Kabupaten Madiun mengendarai sepeda motor trail dengan di ikuti komunitas offroader sepeda motor trail.


Setibanya di Klangon, Bupati Kaji Mbing langsung meninjau panen porang yang berada di kawasan dalam KPH Saradan.


Kepada wartawan, Bupati Kaji Mbing mengatakan petani porang Desa Klangon menggunakan lahan Perhutani KPH Saradan untuk budidaya umbi porang. Untuk itu Pemkab Madiun bekerjasama dengan Perum Perhutani KPH Saradan membudidayakan umbi porang sebagai komoditi ekonomi yang bernilai tinggi.

BERITAMADIUN.COM/Dokumentasi Humas Pemkab Madiun
GALI–Bupati Madiun, Ahmad Dawami yang biasa aktab disapa Kaji Mbing menggali lahan yang didalammya terdapat umbi porang di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun.


Bupati Kaji Mbing mengharapkan budidaya umbi porang akan mensejahterakan petani umbi porang nantinya. Pasalnya salah satu pemasaran umbi porang diekspor ke Jepang untuk bahan mie tradisional dan bahan kosmetik. 
Bupati Kaji Mbing menambahkan selain bekerjasama dengan Perum Perhutani untuk budidaya umbi porang, pemerintah juga telah bekerjasama dengan perusahaan swasta. Perusahaan itu nantinya akan mengambil umbi porang hasil panen petani Madiun. (aly)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here