Hormati dan Kenang Jasa Pemimpin, Bupati Madiun Ziarah Makam Leluhur dan Pendiri Madiun

0
15

DOA DAN TAHLIL–Bupati Madiun, Ahmad Dawami yang biasa akrab disapa Kaji Mbing bersama Wakil Bupati, Hari Wuryanto dan anggota Forpimda membaca doa dan tahlil di makam pendiri Kabupaten Madiun, Ronggo Djumeno ( Pangeran Timoer) di Makam Kuncen, Kota Madiun.

MADIUN, beritamadiun.com— Memperingati hari jadi Kabupaten Madiun ke-451, Pemerintah Kabupaten Madiun menggelar acara ziarah ke makam para leluhur pendiri Kabupaten Madiun, Selasa ( 2/7/2019).

Bupati Madiun H. Ahmad Dawami dan Wakil Bupati H. Hari Wuryanto, bersama Ketua Tim Penggerak PKK, Ny Penta Lianawati dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Ny Erni Sri,  Forkopimda Kabupaten, pimpinan OPD bersama-sama melaksanakan ziarah mulai dari makam Kuncen di Demangan Kota Madiun. 

Di makam Kunceng Madiun, Bupati Madiun, Ahmad Dawami yang biasa disapa Kaji Mbing ziarah di bupati Madiun pertama, Ki Ageng Panembahan Ronggo Djumeno (Pangeran Timoer), Bupati Keenam, Raden Mas Bagoes Petak/Mangkunegoro I, Bupati Ketujuh, Adipati Kenitren Merto Loko/Mangkunegoro II, Bupati Kedelapan, Adipati Balitar/Kyai Irodikromo/Mangkunegoro III, dan Bupati Kesembilan, Pangeran Tumenggung Balitar Tumapel/Mangkunegoro IV.

 Setelah berziarah di makam Kuncen Madiun, rombongan menuju makam Kuncen Caruban. Di makam Kuncen Caruban dimakamkan leluhur pendiri Kabupaten Madiun yakni Raden Tumenggung Prawiro Sari, Mangkudipuro, Tumenggung Dipuro, Raden Tumenggung Notosari, Djayengrono dan Ki Ageng Anom Basari.

Usai berziarah di makam Kuncen Caruban, rombongan menuju makam Giripurno Magetan. Di makam Giripurno Magetan dimakamkan Raden Ronggo Prawirodirjo III, Raden Ayu Maduretno. Terakhir rombongan berziarah di makam Taman Madiun. Dimakam Taman Madiun dimakamkan Ronggo Prawiro Dirdjo, Ronggo Prawiro Dirjdo II, Pangeran Dipo Koesoemo, Ronggo Prawiro Diningrat, Ronggo Aryo Notodiningrat, Ronggo Kusno Diningrat, Ronggo Aryo Kusmen, Kanjeng Ronggo Kusnindar dan Kyai Misbah.

Selanjutnya, dalam waktu dekat, rombongan akan berkunjung ziarah di makam Kota Gede, Jogyakarta. Selain mendoakan para leluhur dan pendiri Madiun, Bupati Kaji Mbing dan rombongan menabur bunga di masing-masing makam para bupati Madiun.

Usai berziarah di makam Kuncen Madiun, Bupati Kaji Mbing mengatakan ziarah ke leluhur dan pendiri Madiun menghormati dan mengenang jasa para pemimpin yang pernah memimpin Madiun dari waktu ke waktu. 

Bupati Madiun, Ahmad Dawami dan Wakil Bupati Madiun berziarah di makam pendiri Kabupaten Madiun di makam Kuncen, Kota Madiun

“Kita harus selalu mengingat dan mengenang jasa para pendiri dan pemimpin Kabupaten Madiun. Merekalah yang telah lebih dulu mengabdi untuk kemakmuran masyarakat madiun.  Dan hal itu tidak boleh di lupakan. Untuk itu kita harus mikul duwur mendem jero,” kata Kaji Mbing. 

Menurut Kaji Mbing, tradisi ziarah ke makam leluhur harus dilestarikan. Tradisi itu akan menjadikan semuanya akan mengenang kebaikan dan jasa para pemimpin pendiri Madiun. “Kebaikan para pemimpin harus kita contoh dan lanjutkan perjuangannya,” kata Kaji Mbing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here