Kaji Mbing Ziarah Makam Bupati Madiun ke 2, Raden Ayu Retno Dumilah

0
17
Bupati dan wakil Bupati Madiun didampingi Forpimda pemkab Madiun saat akan ziarah makam Retno Dumilah permaisuri Raja Mataram pertama,jumat (12/7/2019)

MADIUN,Beritamadiun.Com – Bupati Madiun ziarah ke makam Raden Ayu Retno Dumilah yang merupakan Bupati ke 2 Madiun serta permaisuri dari raja Mataram pertama yang bergelar panembahan senopati di kota Gede Jogyakarta, jumat (12/7/2019). Acara ziarah ke para makam pendahulu ini merupakan tradisi yang dilakukan Bupati beserta wakil bupati Madiun menjelang hari jadi Kabupaten Madiun yang ke-451 yang jatuh pada tanggal 18 juli 2019 nanti.

“Retno Dumilah adalah Bupati Madiun yang kedua. Beliau ini adalah putri dari bupati Madiun pertama, Ronggo Jumeno, yang dimakamkan di makam Kuncen Kota Madiun,” kata H Ahmad Dawami yang biasa disapa Kaji Mbing kepada beritamadiun.com

Selain putri Adipati Bupati pertama, sambung Kaji Mbing, Retno Dumilah merupakan permaisuri dari raja Mataram pertama atau panembahan senopati Sutawijaya ujarnya.

 Kaji Mbing didampingi oleh wakil Bupati H Hari Wuryanto beserta jajaran forpimda kabupaten, beberapa kepala OPD serta camat se-kabupaten Madiun. Sebelum masuk ke dalam komplek makam semua rombongan diwajibkan untuk memakai surjan, kain jarit dan blangkon. Sesuai adat jawa setelah barulah rombongan diperkenankan masuk ke dalam komplek makam raja raja mataram.

“Ini merupakan bentuk penghormatan kepada pendahulu kita sekaligus untuk mendoakan para pendahulu kita yang telah mendahului kita menghadap Allah SWT. Semaga beliau semua Khusnul Khotimah,” pungkas Kaji Mbing.han